Tahun ajaran di Afghanistan dimulai dengan lebih dari 1 juta anak perempuan dilarang mengikuti pendidikan

Tahun ajaran di Afghanistan telah dimulai, namun anak perempuan tidak akan terlihat di banyak ruang kelas.

Taliban telah melarang siswa perempuan mengikuti kelas setelah kelas enam, menjadikannya satu-satunya negara yang menerapkan pembatasan formal terhadap pendidikan perempuan.

Badan Anak-anak PBB mengatakan lebih dari 1 juta anak perempuan terkena dampak larangan tersebut. Diperkirakan juga 5 juta orang tidak bersekolah sebelum pengambilalihan Taliban karena kurangnya fasilitas dan faktor lainnya.

Kementerian Pendidikan Taliban menandai dimulainya tahun ajaran baru dengan sebuah upacara yang tidak boleh dihadiri oleh jurnalis perempuan. Undangan yang dikirimkan kepada wartawan berbunyi: “Karena kurangnya tempat yang cocok untuk para suster, kami meminta maaf kepada wartawan wanita.”

Dalam sebuah upacara, menteri pendidikan Taliban, Habibullah Agha, mengatakan bahwa kementeriannya berusaha “meningkatkan kualitas pendidikan agama dan ilmu-ilmu modern sebanyak mungkin.”

Menteri juga mengimbau para pelajar untuk menghindari mengenakan pakaian yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam dan Afghanistan.

Abdul Salam Hanafi, wakil perdana menteri Taliban, mengatakan mereka berusaha memperluas pendidikan di “semua daerah terpencil di negara itu.” Namun, Taliban lebih memprioritaskan pengetahuan Islam dibandingkan kemampuan membaca dan berhitung dasar dengan peralihan mereka ke madrasah, atau sekolah agama.

Taliban sebelumnya mengatakan bahwa anak perempuan yang melanjutkan pendidikan bertentangan dengan interpretasi ketat mereka terhadap hukum Islam, dan diperlukan kondisi tertentu agar mereka dapat kembali bersekolah. Namun, mereka belum membuat kemajuan dalam menciptakan kondisi tersebut.

Ketika mereka memerintah Afghanistan pada tahun 1990an, mereka juga melarang pendidikan anak perempuan.

Meskipun awalnya menjanjikan tingkat moderasi dalam kebijakannya setelah kembali berkuasa, kelompok ini juga melarang perempuan mendapatkan pendidikan tinggi, banyak ruang publik, dan sebagian besar pekerjaan.

Larangan terhadap pendidikan anak perempuan masih menjadi hambatan terbesar bagi Taliban untuk mendapatkan pengakuan internasional sebagai penguasa sah Afghanistan.

Meskipun anak laki-laki Afghanistan mempunyai akses terhadap pendidikan, LSM Human Rights Watch mengkritik Taliban, dengan mengatakan bahwa kebijakan pendidikan mereka yang “kasar” merugikan anak laki-laki dan juga anak perempuan.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Desember, kelompok tersebut mengatakan bahwa perhatian terhadap dampak buruk yang ditimbulkan terhadap pendidikan anak laki-laki masih kurang. Banyak guru yang memenuhi syarat, terutama perempuan, telah mengundurkan diri, dan kehadiran guru dirugikan oleh perubahan kurikulum yang regresif dan meningkatnya hukuman fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *