200.000 pelajar Perancis mendapatkan manfaat dari peluncuran MIA, sebuah aplikasi revisi yang didukung AI

MIA, sebuah aplikasi bertenaga AI untuk merevisi sastra dan matematika, akan diluncurkan kepada siswa sekolah menengah Prancis pada akhir tahun ini.

Siswa di sekolah menengah Prancis akan dapat menggunakan alat pendidikan baru yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) untuk membantu merevisi literatur dan matematika.

Aplikasi tersebut – disebut “Modules interaktififs adaptatifs,” atau MIA – dibuat oleh EvidenceB, sebuah perusahaan rintisan EdTech asal Perancis.

Menyediakan akses secara luas bagi anak-anak berusia 15 tahun adalah salah satu keputusan terakhir yang diambil oleh mantan menteri pendidikan Prancis, Gabriel Attal sebelum ia menjadi perdana menteri baru pada bulan Januari.

Keputusan tersebut diambil menyusul publikasi hasil yang mengkhawatirkan mengenai tingkat pendidikan siswa Perancis.

Kementerian Pendidikan mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa program ini “akan diberikan secara gratis kepada 200.000 siswa Kelas 11 selama beberapa bulan ke depan, sebelum diluncurkan ke seluruh siswa pada bulan September mendatang”.

“MIA menawarkan 20.000 latihan adaptif untuk siswa,” salah satu pendiri EvidenceB, Thierry de Vulpillières mengatakan kepada penyiar Prancis BFM.

“Alat tersebut membuat siswa berpikir dan tidak mencipta untuk mereka.

“Anda perlu menawarkan latihan yang cukup sulit untuk menantang siswa, namun tidak terlalu keras sehingga mereka menjadi putus asa, dan tidak terlalu mudah sehingga mereka menjadi bosan,” tambah de Vulpillières.

Algoritme aplikasi ini menggunakan AI untuk memberikan latihan terbaik kepada siswa agar dapat mencapai kemajuan.

“Aplikasi tersebut dilengkapi dashboard bagi guru untuk memantau perkembangan setiap siswa. Ini memberikan gambaran yang sangat mudah,” Cécile Cathelin, seorang guru yang berkolaborasi dengan EvidenceB untuk sumber daya MIA, mengatakan kepada Euronews Next.

Menurutnya, solusi tersebut bisa membantu guru menghemat waktu. “Kecerdasan buatan akan langsung melihat kelebihan dan kekurangan siswa,” imbuhnya.

‘Bukan solusi ajaib’
“Ini bukan alat ajaib, ini tidak akan mengubah segalanya, ini akan menjadi alat baru yang dapat kami gunakan,” kata Cathelin.

Namun, tidak semua orang menunjukkan antusiasmenya.

Snes-FSU, serikat pekerja terbesar untuk guru sekolah menengah di Perancis, dengan cepat menyuarakan keprihatinannya dengan mengecam apa yang disebutnya “solusi tekno” dan “[bagaimana] memungkinkan kita mengatasi pertanyaan tentang kondisi material yang diperlukan untuk dapat untuk melakukan pekerjaannya dengan benar”.

“Dengan membuat pekerjaan berkualitas menjadi tidak mungkin dilakukan, Kementerian mendorong masyarakat untuk menerima dan bahkan secara antusias menggunakan teknologi yang akan “menghemat waktu,” namun pada kenyataannya melegitimasi peningkatan jumlah tugas yang dibebankan,” tambah serikat pekerja.

Menggunakan aplikasi ini tidak wajib bagi siswa, kata Attal kepada BFM.

Baca Juga: https://beritakampus.org/anak-anak-sekolah-ukraina-menderita-trauma-perang/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *